Kamis, 25 Februari 2016

BMT BUS

BMT Bina Ummat Sejahtera atau yang disingkat BUS.
Merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berbadan hukum koperasi. Dengan nomor 13801/BH/KWK.11/III/1998, Tgl. 31 Maret 1998.
Memiliki motto yakni:
Wahana Kebangkitan Ekonomi Ummat
Dari Ummat Untuk Ummat Sejatera Untuk Semua
BMT BUS memiliki produk Layanan yaitu: produk pembiayaan dan simpanan

1. Produk Pembiayaan, diantaranya:
aPembiayaan Modal Kerja
merupakan produk layanan pembiayaan dari KSPS BMT BUS diperutukkan bagi calon anggota/anggota yang memerlukan tambahan modal kerja untuk memgembangkan usahanya. Dengan menggunakan akad pembiayaan mudhorobah, yaitu sistem bagi hasil yang pembagian nisbahnya telah disepakati bersama.
Akad mudhorobah adalah akad pembiayaan antara dua pihak, dimana BMT sebagai shohibul Maal (penyedia modal) dan anggota sebagai mudhorib (pengelola usaha), atas kerjasama ini berlaku sistem bagi hasil dengan ketentuan nisbah sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Bidang yang dilayani: pertanian, perdagangan,  jasa, perikanan, industri, dll.
Perhitungan Bagi Hasil 
Kedua belah pihak telah sepakat dalam pembagian prosentase Nisbah bagi hasil di awal. Contoh: Pak Ahmad pembiayaan Rp 10.000.000,- dengan perhitungan mendapatkan keuntungan Rp 500.000,- setiap bulan, prosentase nisbah keuntungan yang disepakati yaitu 30% untuk BMT dan 70% untuk mudhorib, maka bagi hasil untuk BMT Rp 150.000,- dan bagi hasil untuk anggota Rp 350.000,-
b. Pembiayaan Pengadaan / Jual Beli Barang
Pembiayaan pengadaan/jual beli barang merupakan produk layanan di KSPS BMT BUS diperuntukan bagi calon anggota/anggota yang membutuhkan barang dan untuk aktifitas seharihari dengan menggunakan akad pembiayaan Murabahah.
Pembiayaan Murobahah (pengadaan/jual beli barang) adalah trasaksi penjualan barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli dengan pembayaran dapat dilakukan secara angsur ataupun jatuh tempo.
Jenis pembiayaan barang:
Misalnya pembiayaan untuk pembangunan/renovasi.
Pak Joni ingin merenovasi rumah tapi belum ada dana, dan pak Joni adalah anggota KSPS BMT BUS. Pak Joni melakukan pembiayaan dengan akad murobahah dengan harga pokok margin yang disepakati bersama antara kedua belah pihak. 
Berikut contoh perhitungannya:
Harga Pokok
Harga Jual
Angsuran Perbulan
Jumlah Angsuran
Rp1.000.000
Rp1.250.000
Rp250.000
5x
Rp5.000.000
Rp6.000.000
Rp600.000
10x
Rp10.000.000
Rp12.000.000
Rp1.200.000
10x
c. Pembiayaan Kebajikan 
Pembiayaan Kebajikan merupakan produk layanan pembiayaan dari KSPS BMT BUS diperuntukkan bagi calon anggota/anggota ang bertujuan untuk kebajikan dengan pertimbangan sosial dengan menggunakan akad Qordul Hasan. Pembiayaan ini sumber dananya dari Baitul Maal KSPS BMT BUS.
Contoh Perhitungan
Pembiayaan
Margin
Angsuran
Jumlah Angsuran
Rp1.000.000
0
Rp100.000
Rp10x
Rp2.000.000
0
Rp200.000
Rp10x
2. Produk Simpanan
a. Si Rela
Produk simpanan yang dikelola berdasarkan prinsip Mudharabah yaitu anggota sebagai shohibul maal (pemilik dana) sedangkan BMT sebagai mudharib (pelaksana/pengelola usaha), atas kerjasama ini berlaku sistem bagi hasil dengan nisbah yang telah disepakati. 
Fasilitas: 
- Bebas Biaya Aadministrasi :Simpanan Si Rela tidak dibebani biaya administrasi bulanan.
- Bagi Hasil: Dengan menggunakan prinsip mudharabah hasil usaha akan kami bagi hasilkan dengan nisbah 30%:70%
b. Si Suka 
Simpanan berjangka yang berdasarkan prinsip mudharabah, dengan prinsip ini simpanan dari shohibul maal (pemilik dana) akan diperlakukan sebagai investasi oleh mudharib (pengelola dana). BMT akan memanfaatkan dana tersebut secara produktif dalam bentuk pembiayaan kepada masyarakat dengan profesional dan ssuai syariah. Hasil usaha tersebut dibagi antara pemilik dana dan BMT sesuai nisbah yang disepakati di awal.
Fasilitas: 
-Bebas Biaya Administrasi: Simpanan Si Suka tidak dibebani biaya administrasi bulanan 
-Bagi Hasil: Dikelola secara produktif dengan prinsip mudharabah dengan nisbah yang menguntungkan. Berikut jangka waktu harga jual:
Jangka Waktu
Harga Jual
Si Suka 1 Bulan
35%:65%
Si Suka 3 Bulan
40%:60%
Si Suka 6 Bulan
45%:55%
Si Suka 12 Bulan
50%:50%
-Multifungsi: Simpanan Si Suka dapat dijadikan sebagai jaminan agunan pembiayaan di BMT BUS.
c. Si Sidik 
Simpanan untuk perencanaan biaya pendidikan siswa sekolah mulai dari umur 0 tahun sampai perguruan tinggi. Simpanan ini berdasarkan prinsip wadiah yadh dhamanah, yaitu shohibul maal menitipkan dananya pada BMT, kemudian atas seijin shohibul maal BMT dapat memanfaatkan dana tersebut.
Jenis produk simpanan Si Sidik dibagi 2 yaitu: 
-Si Sidik Platinum
Si Sidik Platinum adalah simpanan untuk perencanaan biaya pendidikan siswa sekolah mulaidari 0 tahun sampai tamat SMA. Setoran simpanan dilakukan setiap bulan, dan penarikan simpanan dilakukan setiap tamat jenjang pendidikan sampai lulus SMA. Besarnya setoran simpanan berdasarkan kelas Si Sidik yaitu:
Si Sidik Kelas A
Rp200.000
Si Sidik Kelas B
Rp150.000
Si Sidik Kelas C
Rp100.000
-Si Sidik Plus:
Setoran simpanan dilakukan di awal pendaftaran dan hanya sekali sebesar Rp5.000.000,-. Penarikan simpanan dapat dilakukan setiap tamat jenjang pendidikan, anggota simpanan juga mendapatkan subsidi bea masuk sekolah dengan ketentuan yang ada, apabila anggota melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, biaya subsidi kuliah diberikan per semester. Bagi yang tidak meneruskan ke perguruan tinggi atau hanya mengambil D1 sampai D3 sisa simpanan akan dikembalikan.
Kompensasi
1. Setiap peserta Si Sidik berhak mendapatkan hadiah peralatan sekolah pada setiap kenaikan kelas yang jenisnya ditentukan oleh pihak BMT.
Setiap Penyimpan atau Peserta Si Sidik dapat menarik simpanan Si Sidik, setiap tamat jenjang pendidikan tertentu diambil
2. Apabila pada penarikan tamat jenjang pendidikan tertentu tidak diambil, maka akan dimasukkan ke tabungan si Rela.

3. Setiap kenaikan kelas pihak BMT akan memberikan Bea Siswa kepada peserta Si Sidik yang berprestasi di kelas yang nominalnya ditentukan pihak BMT.
4. Yang dimaksud dalam ketentuan nomor 3 adalah siswa yang mendapatkan rangking 1 s/d 3 di kelas masing-masing, dengan menunjukkan foto copy raport semester terakhir yang dilegalisir kepala sekolah masing-masing.
d. Si Haji
Simpanan bagi anggota yang berencana menunaikan ibadah haji. Simpanan ini dikelola dengan menggunakan dasar prinsip waidiah yadh dhamanah dimana atas ijin penitip dana, BMT dapat memanfaatkan dana tersebut sebelum dipergunakan oleh penitip. Setelah simpanan anggota mencukupi atas kuasa anggota penyimpan, BMT akan menyetorkan kepada BPS (Bank Penerima Setoran) BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) yang sudah online dengan SISKOHAT  untuk kemudian didaftarkan melalui SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu)
 Fasilitas:
- Setoran ringan, setoran awal Rp 100.000,- setoran selanjutnya disesuaikan dengan rencana tahun keberangkatan.
- Simpanan Haji tidak dibebani biaya administrasi bulanan.
- BMT menyediakan dana talangan maksimal 20% dari nominal setoran.

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :
website: www.bmtbus.com
e-mail: bmt_bus@yahoo.com
Alamat Kantor Pusat: Jl. Untung Suropati No. 16 Lasem
Telp: (0295) 532376
Fax: (0295) 531263

2 komentar:

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA DAPAT MODAL USAHA DARI KOPERASI GLOBAL NUSANTARA JAKARTA
    Ketua koperasi global nusantara atas nama bpk drs.h. riswandi.s.e no hp beliau 0853-2174-0123

    asalamualaikum saya ingin berbagi cerita kisah sukses saya terima modal usaha dari KOPERASI GLOBAL NUSANTARA yang beralamat'kan di GEDUNG PLAZA SENAYAN JAKARTA lantai 2 A5, Perkenl'kan saya atas nama RIDWAN merupakan pengusaha furnitur yang juga anggota KOPERASI GLOBAL NUSANTARA. Pada awalnya saya bekerja di Jepara selama 2 tahun sebagai pengrajin furnitur, namun sejak 3 tahun belakangan ini, saya mengelola usaha furniturnya sendiri di Pati. Saya memulai usaha ini dengan modal yang terbatas serta gudang kecil dan 8 karyawan. Seiring dengan semangat dan konsistensi kualitas produk ini, saya memiliki cita-cita untuk mengembangkan usaha ini. Sehingga beberapa bulan yang lalu saya ketemu pengusaha sukses yang di sebut bpk H BUDIMAN, Alhamdulillah setelah
    saya terbuka dari masalah saya yang lagi terbentur di modal usaha, alhamdulillah beliau memberikan no hp ketua KOPERASI GLOBAL NUSANTARA BELIAU ATAS NAMA DRS.H. RISWANDI S.E No hp beliau. 0853-2174-0123 dan singkat cerita saya'pun memberanikan diri menghubungi beliau dan saya terbuka masalah modal usaha saya, alhamdulillah beliau memberikan 1 berkas pinjaman dana senilai 500 Juta, dan masalah pikbed dana'nya cuman 2% selama 3 tahun pinjaman, jadi pikbed pinjaman total 510.000.000 dan masalah persyaratan beliau hanya minta beberapa copy'an berkas yang pertama Foto copy Kk dan KTP 5 lembar, pas foto 3x4 5 lembar dan bukti adimistrasi pencairan dana senilai 2,5 % dari nilai permohonan dana, dan saya pun sempat berpikir jangan jangan ini penipuan tapi saya juga percaya dan yakin karena orang yan memberi aku no hp beliU adalah orang yang terpercaya dan ternama di PATI JAWA TENGAH jadi saya langsun selesai.kan adm'nya yang 2,5 % total 12.500.000 saya transfer ke rek bendahara koperasi global nusantara langsun ke ibu NOVI YENNI, jadi dari itu saya tetap semangat dapat modal usaha tersebut jadi setelah saya lengkapi persyaratan.nya 1 jam kemudian saya ada tlp langsun dari bpk DRS.H.RISWANDI. S.E untuk saya di perintah'kan cek dana'nya melalui rekening yang saya ajuh'kan sama beliau DRS.H.RISWANDI.S.E alhamdulillah setelah saya cek di perbankan ternyata ini seperti mimpi saldo saya bertambah 500 juta, sekarang saya membangun gudang yang lebih luas agar dapat menambah kapasitas produksi ini. Saat ini furnitur buatan saya sudah tersebar dan dipasarkan di Sumatera dan daerah lainnya. Bagi saya, pinjaman KOPERASI GLOBAL NUSANTARA berdampak sangat positif bagi usahanya hingga bisa meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan yang sangat tinggi pada saat bulan Lebaran lalu. Pada awalnya hanya berkapasitas produksi untuk 2 truk, saat ini bisa memenuhi permintaan sebanyak 6 truk. Dengan karyawan sebanyak 25 orang, Rukani memiliki rencana untuk ekspansi dan berharap bisa terus menjadi anggota KOPERASI GLOBAL NUSANTARA JAKARTA.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus